Di resmikan & Di Saksikan oleh :

Di resmikan & Di Saksikan oleh :

AgroWisata




Keberadaan Agrowisata PT. SidoMuncul bertujuan untuk mengoleksi tanaman obat, terutama diprioritaskan pada tanaman - tanaman langka atau yang hampir punah. Sebagian besar koleksinya terdiri dari tanaman untuk bahan jamu yang dipergunakan oleh para industri dan lainnya masih dieksplorasi dari alam.

Pada tahun 1999 dirintis pembukaan kawasan khusus untuk lokasi koleksi tanaman obat yang akhirnya didesain seartistik mungkin dan menarik untuk dilihat dan dikunjungi. Secara resmi tempat tersebut dijadikan obyek agrowisata khusus koleksi tanaman obat yang dirancang terpadu, antara koleksi tanaman obat dengan desain taman serta infrastruktur lainnya.

Lokasi...

Agrowisata tanaman obat PT. SidoMuncul berlokasi di kawasan pabrik / industri jamu PT. SidoMuncul, Jln. SoekarnoHatta, desa Diwak, kecamatan Bergas, kabupaten Semarang, Jawa Tengah. Menempati lahan seluas 1,5 hektar, dengan topografi tanah landai, ketinggian tempat 440 meter dari permukaan laut.

Sarana dan Prasarana...

1.
Koleksi tanaman obat sejumlah kurang lebih 400 spesies, termasuk tanaman introduksi / yang didatangkan dari luar negeri, antara lain : Echinacea purpurea, Tribulus Terrestris, Mintha Piperita, Sybilum Marianum dan Jamur Ganoderma Lucidum.
2.
Jalan yang bisa dilalui mobil, untuk berkeliling lokasi
3.
Aula berupa Gasebo
4.
Kolam ikan ( danau buatan )
5.
Nursery / kebun bibit dan tempat penjualan bibit tanaman obat


Agrowisata PT. SidoMuncul memiliki tiga ( 3 ) buah misi, yaitu :
1.
Misi Ilmiah
 
Merupakan tempat koleksi tanaman hidup yang diambil dari berbagai tempat, yang bisa diindikasikan sebagai tanaman obat, terutama tanaman langka sebagai tanaman stok / plasma nutfah, yang sewaktu-waktu dapat dipergunakan sebagai bahan penelitian lebih lanjut, baik untuk penelitian budidaya / pengembangan atau penelitian khasiat sebagai bahan baku jamu baru. Penelitian selain dilakukan oleh team R&D PT. SidoMuncul juga melibatkan atau bisa dilakukan oleh institusi lain terutama para pelajar dan mahasiswa.

2.
Misi Sosial
 
Agrowisata dibuka untuk umum, siapa saja bisa datang berkunjung, terutama yang peduli terhadap keanekaragaman hayati alam Indonesia. Agrowisata bisa memberikan wawasan dan pengetahuan baru kepada masyarakat, terutama tentang tanaman obat baik mengenai cara budidaya maupun fungsi dan khasiatnya bagi kesehatan manusia.

3.
Misi Ekonomi
 
Agrowisata sebagai Plasma Nutfah / Stok tanaman hidup yang bisa dikembangkan untuk tanaman baru sebanyak-banyaknya di tempat lain. Hasil perbanyakan tanaman yang berupa bibit atau benih dikembangkan seluas-luasnya di tempat lain dan hasilnya digunakan sebagai bahan baku industri jamu atau komoditas tanaman perdagangan.


Agrowisata PT. SidoMuncul terbuka untuk umum, dan biasanya dalam sebulan menerima minimal empat kali kunjungan. Program kunjungan Agrowisata biasanya dilakukan setelah pengunjung melakukan peninjauan ke proses produksi pabrik, yang letaknya tidak jauh. Bagi yang berminat bisa langsung menghubungi Public Relations Department, PT. SidoMuncul, baik yang berada di Jakarta maupun yang ada di Semarang.